Penulis : Marsigit
Pembahasan oleh : Ryan Nur
Hidayat
Saat ini pembelajaran tentang
matematika dan ilmu pendidikan di Indonesia memiliki indikasi bahwa prestasi
anak dalam mata pelajaran matematika masih rendah, seperti ditunjukkan oleh
hasil yang mempengaruhi Ujian Nasional
tahun ke tahun baik di Sekolah Dasar dan Menengah. Penguasaan siswa pada matematika dan ilmu
Sains masih rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa banyak ketidakcocokan
antara kurikulum dan tujuan pendidikan: 1) ujian nasional hanya mendiskripsikan
nilai kognitif siswa saja, 2) pembelajaran siswa menengah hanya dilakukan dalam
kelas saja, 3) seleksi masuk perguruan tingi kurang optimal, 4) banyak materi
dalam matematika di anggap sulit sehingga guru tidak menjelaskan kepada siswa.
Upaya saat ini untuk meningkatkan
pendidikan matematika di Indonesia yaitu kolaborasi untuk melaksanakan merintis
kegiatan mengajar matematika di sekolah SMP di beberapa negara. kegiatan ini
dimaksudkan untuk mengembangkan dan mencoba beberapa model mengajar di sekolah.
Dosen dan guru bekerja bersama-sama di sekolah untuk mengembangkan model
pengajaran yang dibutuhkan di lapangan.
Kompetensi Berbasis Kurikulum
untuk SMP
Kami merasa pengembangan
kurikulum membutuhkan kajian komperhensif dan mendalam dari semua aspek yang
terlibat. Pemerintah pusat telah mengembangkan standar nasional bagi mereka.
Standar nasional kompetensi ini kemudian akan di uraikan menjadi kompetensi
dasar yaitu kompetensi minimal yang harus dilakukan oleh siswa, meliputi
afektik, kognitif dan psikomotor. Pemerintah Indonesia telah mengembangkan
pembelajaran dan pengajaran kontekstual (CTL) sebagai salah satu pendekatan
untuk mendukung implementasi Kompetensi Berbasis Kurikulum.
Karakteristik Matematika Sekolah dan Implikasi untuk Guru
1. Matematika adalah mencari pola dan hubungan
2. Matematika adalah kegiatan kreatif, yang melibatkan imajinasi,
intuisi dan penemuan
3. Matematika adalah cara memecahkan masalah
4. Matematika merupakan sarana mengkomunikasikan informasi atau ide.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Nasional Kompetensi matematika untuk SMP meliputi:
1. Bilangan
• Untuk memahami dan diadakan operasi hitung menggunakan angka untuk
memecahkan soal
2. Pengukuran dan Geometri
• Untuk memahami dan menggunakan sifat-sifat garis, sudut, dua dan tiga
dimensi geometris
bentuk untuk memecahkan masalah
• Untuk memahami dan mengidentifikasi sifat dan komponen segitiga
• Untuk memahami dan mengidentifikasi sifat dan komponen lingkaran
• Untuk mengidentifikasi sifat dan komponen tepi cembung non tiga
dimensi bentuk geometris
3. Probabilitas dan Statistik
• Untuk menyelesaiakan kegiatan statistik
4. Aljabar
• Untuk memahami dan menggunakan operasi aljabar
• Untuk memahami dan menggunakan fungsi, persamaan garis, dan sistem
persamaan
• Untuk menggambarkan pola dan serangkaian angka
• Untuk memahami dan menggunakan persamaan kuadrat.
http://rianhidayat47.blogspot.com/2011/09/developing-mathematics-curriculum-for.html
http://rianhidayat47.blogspot.com/2011/09/developing-mathematics-curriculum-for.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar