Senin, 12 September 2011

Developing Mathematics Curriculum for Junior High School in Indonesia


Penulis : Marsigit
Pembahasan oleh : Ryan Nur Hidayat
Saat ini pembelajaran tentang matematika dan ilmu pendidikan di Indonesia memiliki indikasi bahwa prestasi anak dalam mata pelajaran matematika masih rendah, seperti ditunjukkan oleh hasil yang mempengaruhi  Ujian Nasional tahun ke tahun baik di Sekolah Dasar dan Menengah.  Penguasaan siswa pada matematika dan ilmu Sains masih rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa banyak ketidakcocokan antara kurikulum dan tujuan pendidikan: 1) ujian nasional hanya mendiskripsikan nilai kognitif siswa saja, 2) pembelajaran siswa menengah hanya dilakukan dalam kelas saja, 3) seleksi masuk perguruan tingi kurang optimal, 4) banyak materi dalam matematika di anggap sulit sehingga guru tidak menjelaskan kepada siswa.
Upaya saat ini untuk meningkatkan pendidikan matematika di Indonesia yaitu kolaborasi untuk melaksanakan merintis kegiatan mengajar matematika di sekolah SMP di beberapa negara. kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan dan mencoba beberapa model mengajar di sekolah. Dosen dan guru bekerja bersama-sama di sekolah untuk mengembangkan model pengajaran yang dibutuhkan di lapangan.
Kompetensi Berbasis Kurikulum untuk SMP
Kami merasa pengembangan kurikulum membutuhkan kajian komperhensif dan mendalam dari semua aspek yang terlibat. Pemerintah pusat telah mengembangkan standar nasional bagi mereka. Standar nasional kompetensi ini kemudian akan di uraikan menjadi kompetensi dasar yaitu kompetensi minimal yang harus dilakukan oleh siswa, meliputi afektik, kognitif dan psikomotor. Pemerintah Indonesia telah mengembangkan pembelajaran dan pengajaran kontekstual (CTL) sebagai salah satu pendekatan untuk mendukung implementasi Kompetensi Berbasis Kurikulum.
Karakteristik Matematika Sekolah dan Implikasi untuk Guru
1. Matematika adalah mencari pola dan hubungan
2. Matematika adalah kegiatan kreatif, yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan
3. Matematika adalah cara memecahkan masalah
4. Matematika merupakan sarana mengkomunikasikan informasi atau ide.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Standar Nasional Kompetensi matematika untuk SMP meliputi:
1. Bilangan
• Untuk memahami dan diadakan operasi hitung menggunakan angka untuk memecahkan soal
2. Pengukuran dan Geometri
• Untuk memahami dan menggunakan sifat-sifat garis, sudut, dua dan tiga dimensi geometris
bentuk untuk memecahkan masalah
• Untuk memahami dan mengidentifikasi sifat dan komponen segitiga
• Untuk memahami dan mengidentifikasi sifat dan komponen lingkaran
• Untuk mengidentifikasi sifat dan komponen tepi cembung non tiga dimensi bentuk geometris
3. Probabilitas dan Statistik
• Untuk menyelesaiakan kegiatan statistik
4. Aljabar
• Untuk memahami dan menggunakan operasi aljabar
• Untuk memahami dan menggunakan fungsi, persamaan garis, dan sistem persamaan
• Untuk menggambarkan pola dan serangkaian angka
• Untuk memahami dan menggunakan persamaan kuadrat.
http://rianhidayat47.blogspot.com/2011/09/developing-mathematics-curriculum-for.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar